Advertisement Text : Definition, Function, Structure, Kinds & How to Make It

Februari 26, 2022



Definition of Advertisement Text

Advertisement text merupakan suatu jenis teks yang bertujuan untuk mengiklankan suatu hal/ produk/ jasa/ atau untuk mengenalkan sesuatu yang diiklankan kepada masyarakat untuk menarik minat pembeli dan membeli produk yang diiklankan.

Social Function of Advertisement Text

1. Giving an information = Advertisement tentu memberikan informasi kepada konsumen tentang apa-apa hal tentang produk/jasa yang akan dijual.

2. To influence or to persuade = Sebuah Advertisement berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.

3. To give the impression : Dengan memperkenalkan produk kita ke orang lain maka orang-orang akan mempunyai kesan tersendiri dengan Advertisement yang kita pasang, contohnya Advertisement-nya yang menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.

4. Communication tool = Advertisement bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.

Generic Structure of Advertisement Text

Title (Judul) = Bagian title ini menjelaskan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement. Contohnya: Buy one get one free!

Explanation (Penjelasan) = Pada bagian explanation ini berisi semua informasi mengenai Advertisement itu sendiri, yaitu bisa berupa, apa produknya, siapa yang harus memakainya, bagaimana cara menggunakannya, dan lain sebagainya.

How to Make Advertisement

Rumus membuat teks iklan untuk menghasilkan iklan yang baik selain memperhatikan struktur iklan diperlukan juga rumus iklan AIDCA yaitu sebagai berikut: Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Kebutuhan/keinginan), Conviction (rasa percaya) dan Action (Tindakan)

1. Attention

Attention berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus

  • Size untuk media cetak
  • Air time untuk penyiaran
  • Warna (spot atau full color), tata letak (lay out)
  • Jenis Huruf
  • Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat.
2. Interest

Iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci

3. Desire

Bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Contoh: Lady Card, Special Card For Special Lady. Gudang Garam Selera Pemberani

4. Conviction

Mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut. Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli. Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.

5. Action

Mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.

Kinds of Advertisement

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan kemudian dapat digolongkan lagi sebagai berikut:

1. Printing Advertisement

Iklan cetak sebagai jenis iklan yang dipublikasikan dengan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan kemudian dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom.

2. Advertorial

Advertorial merupakan jenis iklan yang dikemas seperti berita pada umumnya.

3. Display Advertisement

Jika dilihat dari bentuknya umumnya iklan display lebih besar jika dibandingkan dengan iklan kolom. Dalam iklan ini, kemudian ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar, dan dapat dilihat dari kejauhan.

4. Electronic Advertisement

Iklan elektronik merupakan iklan yang dipublikasikan dalam suatu media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan lagi menjadi: iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat, dan lain sebagainya.


DOWNLOAD PPT MATERI ADVERTISEMENT TEXT DI SINI

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Send Me a Hello

Flickr Images

Subscribe